Skip to content

Plaza Indonesia Jakarta

Januari 25, 2010

Ketenaran dan reputasi Plaza Indonesia merupakan bagian dari asset terbaiknya. Ketenaran nama Plaza Indonesia merupakan simbol dalam mempertahankan kesuksesan
karena jarang reputasi diperoleh tanpa prestasi yang baik.

Sejak pembukaannya di tahun 1990, Plaza Indonesia berhasil menjaga reputasi sebagai pusat perbelanjaan kelas atas di Jakarta. Selama 17 tahun beroperasi, Plaza Indonesia tetap berfokus pada pangsa pasar kelas atas dan membangun reputasi yang kuat dan terpercaya melalui fashion, gaya hidup, kecanggihan dan kualitas. Keunggulan Plaza Indonesia dengan para pesaingnya terletak dalam hal eksklusifitas merek-merek internasional, keunggulan kualitas gedung, pelanggan-pelanggan kelas atas dan lokasi yang strategis di pusat bisnis Jakarta.

JakartaPlazaIndonesia4.jpg image by seejakarta

Plaza Indonesia berdiri di atas lahan seluas 38.050 meter persegi pada pertemuan Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Kebon Kacang Raya, tepat di pusat bisnis Jakarta. Pusat perbelanjaan ini memiliki area seluas 62.747 meter persegi dengan 4 lantai area ritel, satu lantai perkantoran dan lantai area parkir bawah tanah. Dengan total area sewa seluas 41.536 meter persegi, Plaza Indonesia menampung 250 toko kelas atas yang menyajikan pengalaman belanja kelas atas bagi para pengunjungnya.

Plaza Indonesia terhubung dengan Grand Hyatt Jakarta dan eX. Sinergi bisnis yang kuat dengan keduanya merupakan salah satu keuntungan yang sangat kompetitif. Merupakan suatu kebanggaan bagi Plaza Indonesia dengan mempunyai sejumlah butik-butik papan atas dari merekmerek internasional yang terkenal. Pusat perbelanjaan ini juga mempunyai berbagai label fashion internasional, restoran kelas atas yang menawarkan masakan internasional dan lokal serta berbagai konsep gaya hidup mewah dan
pelayanan pelanggan.

Plaza Indonesia akan memperluas dan memperbesar usahanya dengan Proyek Perluasan yang akan menambah area ritel Plaza Indonesia seluas 25.000 meter persegi. Proyek Perluasan sudah dimulai sejak bulan Agustus 2006 di mana perluasan area ritel Plaza Indonesia diproyeksikan akan buka pada bulan Desember 2008.

Di tengah berbagai tantangan dan situasi persaingan yang ketat di tahun 2007, Plaza Indonesia mencapai tingkat okupansi rata-rata 83,3% dari 96,2% di tahun sebelumnya. Penurunan signifikan tingkat okupansi khususnya disebabkan oleh perubahan area eks Department Store yang mencapai 9.402 meter persegi menjadi prime retail area dan masa fit-out dari para penyewa baru yang mengakibatkan kekosongan sementara hingga 22,6% dari area sewa Plaza Indonesia, sehingga total pendapatan Plaza Indonesia menjadi sebesar Rp 181,8 milyar, turun dari Rp 206,2 milyar di tahun 2006 dan membukukan keuntungan kotor Rp 148,4 milyar dari Rp 178,3 milyar di tahun 2006, dikarenakan total pendapatan yang lebih rendah dan meningkatnya biaya operasional. Namun demikian harga sewa rata-rata mencapai sebesar US$ 46,46, mengalami kenaikan dari US$ 43,86 di tahun sebelumnya.

Namun demikian Plaza Indonesia tetap fokus dalam memperkuat nilai dasar dan daya saingnya melalui usaha perbaikan, perubahan dan inovasi di tahun 2007. Program Peremajaan tahun 2007 dimulai dengan penutupan Sogo Department Store di Plaza Indonesia pada tanggal 1 Maret 2007 setelah 17 tahun menjadi penyewa utama. Keputusan Plaza Indonesia untuk tidak memperpanjang kontrak dengan penyewa utama (eks Department Store) dibuat pada tahun 2006 berdasarkan persetujuan bersama dengan PT Mitra Adiperkasa Tbk. selaku pengelola eks Department Store tersebut dan merupakan rencana jangka panjang Plaza Indonesia untuk lebih memperkuat posisinya sebagai pusat perbelanjaan kelas atas dan untuk menyediakan lebih banyak pilihan berbelanja bagi segmen pasar kelas atas.

Pada bulan September 2007, Plaza Indonesia membuka area retail baru yang sebelumnya ditempati Sogo Department Store. Strategi perubahan area Department Store ini menjadi sekitar 28 toko ritel primer yang memperkuat posisi Plaza Indonesia sebagai yang terdepan, mewujudkan komitmennya untuk memberikan pengalaman berbelanja kelas dunia serta memperkenalkan penampilan baru yang modern dan elegan. Area retail baru ini saat ini ditempati oleh merek-merek internasional terkenal seperti Hugo Boss, Maxmara, Chloe, Emporio Armani, Glow Living Beauty, beberapa konsep multibrands terkemuka, desainer-desainer terkemuka Indonesia, toko lingerie kelas atas, aneka outlet makanan serta minuman dan salon kecantikan.

Di tahun 2007, Plaza Indonesia melanjutkan program renovasi besar-besaran untuk menyempurnakan penampilan dan fasilitas yang ada serta menyelaraskan disain interior Plaza Indonesia dengan area perluasan. Proyek renovasi ini telah dilakukan sejak tahun 2006 dan diperkirakan akan selesai tahun 2008.

Lamoda, restoran di atrium yang menjadi ikon Plaza Indonesia telah berubah dengan sebuah penampilan baru yang kontemporer dan canggih di bulan September dalam rangka memperkuat komitmen Plaza Indonesia untuk memberikan atmosfir kelas dunia yang sempurna bagi para pengunjung kelas atas. Di tahun 2007, Plaza Indonesia juga telah memulai renovasi besar pada koridorkoridor seperti lantai, langit-langit dan lampu-lampu serta penampilan kolom-kolom yang baru. Pintu Selatan telah diperluas dan diperbaharui secara signifikan, jalan mobil diperlebar guna memberikan sambutan yang mewah bagi para pengunjung. Pintu Barat juga telah direnovasi. Toilet, mushola dan ruang menyusui juga elah sepenuhnya direnovasi guna memberikan fasilitas pengunjung bintang 5. Eskalator baru telah dipasang di area Barat dari lantai 1 dan lantai 2 untuk meningkatkan kenyamanan arus lalu lintas para pengunjung.

Demikian juga fasilitas bagi penyewa juga telah ditingkatkan dengan ruang ganti dan toilet baru bagi karyawan toko. Plaza Indonesia mempertahankan posisinya sebagai yang
terdepan di antara para pesaingnya melalui usaha perbaikan, perubahan dan inovasi yang berkesinambungan. Setiap tahun, “tenant mix” diperbaharui guna mengikuti tren terkini dan permintaan pasar. Pada tahun 2007, kegiatan pemasaran difokuskan pada perbaikan “zoning” dan “merchandising mix” yang ada, menyuguhkan lebih banyak lagi toto-toko papan atas dari merek-merek internasional terkemuka dan mengembangkan konsep-konsep baru untuk memperkuat sinergi antar para penyewa.

Di tahun 2007, 31 toko baru dibuka termasuk toko-toko dari merek-merek internasional terkemuka yang pertama di Indonesia seperti Marc Jacobs, Chloe, Davidoff, Emporio Armani, Joseph Abboud, Rebecca Taylor, Club Monaco, Make-Up Store, Camper, Fiorucci dan lainnya. Sebagian besar butik-butik kelas atas ini adalah eksklusif untuk Plaza Indonesia sehingga memantapkan posisi Plaza Indonesia sebagai pusat perbelanjaan skala atas.

Lebih jauh, beberapa restoran baru juga yang dibuka seperti Pepper Lunch, Miittem, Pure and Krispy Kreme yang menambah pilihan makanan yang ada. Beberapa perluasan toko juga dilakukan seperti Hugo Boss, Time Place dan Club Solitaire. Demikian juga guna menyegarkan atmosfir Plaza Indonesia, 18 renovasi toko dikerjakan. Sebagai pelopor sejati, usaha terus-menerus Plaza Indonesia untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan diri adalah bagian dari komitmennya untuk memberikan sebuah pengalaman belanja kelas dunia yang luar biasa dan menyediakan pilihan terbaik bagi konsumen kelas atas dalam suasana yang nyaman, elegan, menghibur dan sempurna.

Di Plaza Indonesia, pelayanan konsumen sangatlah penting. Keamanan dan keselamatan juga merupakan prioritas utama. Dengan komitmen untuk memberikan pelayanan konsumen yang terbaik, Plaza Indonesia terus menjaga standar tinggi dari pelayanan konsumennya melalui beragam pelatihan karyawan dan pengecekan regular atas fasilitas tamu. Plaza Indonesia selalu menganggap para penyewa sebagai rekan bisnis yang penting. Untuk itu Plaza Indonesia memberi dukungan komersial untuk meningkatkan usaha mereka. Beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai dukungan komersial tersebut adalah menyelenggarakan berbagai seminar bisnis dan program promosi untuk meningkatkan penjualan para penyewa.

Setelah 17 tahun pencapaian yang luar biasa, Plaza Indonesia yakin akan dapat mempertahankan track record-nya dengan terus memberikan pengalaman belanja terbaik serta pelayanan dan fasilitas kelas atas. Dengan posisi sebagai yang terdepan, “trade mix” yang eksklusif, pelayanan dan fasilitas kelas bintang lima dan pengunjung kelas atas yang loyal, Plaza Indonesia berharap akan mencapai pertumbuhan yang lebih besar lagi di masa depan melalui usaha yang terus menerus untuk berbenah diri, melakukan inovasi dan menjadi unggulan.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: